Senin, 16 April 2012

KOPI - Apakah anda sudah 100% mengenalnya?


Bukan sekedar secangkir kopi

Kalau dalam negeri mungkin banyak diantara kita yang tidak begitu peduli untuk mebicarakan asal usul kopi, ngopi ya ngopi saja. Namun di luar negeri, terutama di negara-negara maju, pencinta kopi membicarakan kopi itu seperti membicarakan anggur (wine). Pada saat orang-orang pencinta kopi berdiskusi mengenai kopi kata-kata seperti “sweet taste, fruity, lemony, mellow, acidic, dlsb” . Tapi dengan datangnya Cafe modern sperti Sturbucks, Cafe Niro, dan cafe-cafe lainya di Indonesia, penduduk kota dari kelas menengah dan kelas atas, semakin penasaran dengan resep-resep baru dari minuman ini.

Fakta Kopi Indonesia:
  • Tahukah anda bahwa kopi adalah hasil komoditi yang terbesar. yang beredar dipasaran dunia setelah minyak bumi?
  • Tahukah anda bahwa Indonesia adalah salah satu pengekspor hasil kopi terbesar di dunia?
  • Tahukah anda bahwa 33% dari total kopi Arabica yang beredar di pasaran dunia diproduksi di SUMUT? (penelitian oleh FAO –
    United Nation).
  • Tahukah anda bahwa Kopi SUMUT itu sudah masuk dengan, categori GI (Geographical Indication), yang disebut “Mandheling   Coffee)?
Indonesia itu telah memproduksi beberapa jenis kopi special, yang sudah terkenal secara global
  • Gayor Coffe dari Daerah Istimewa Aceh (SUMATRA)
  • Mandheling Coffee Dari Sumatra Utara
  • Lintong Coffee, dari Lintong Nihuta (SUMUT)
  • Java Coffee dari Pula Jawa
  • Java Estate Coffee  dari Jawa Timur
  • Java Luwak Coffee  (Java Civet-Cat Coffee) dari Pulau Jawa
  • Sumatra Luwak Coffee (Sumatra Civet-Cat Coffee), SUMUT & Aceh
  • Toraja Coffe dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan
  • Kopi Kalosi dari Sulawesi Selatan
  • Kintamani Kopi, dari Kintamani, Bali
Jenis Kopi
Sebenarnya ada lebih kurang 60 jenis tanaman kopi yang tumbuh dan telah dikenal di muka bumi ini, namun jenis kopi Arabica dan  kopi Robusta adalah jenis yang paling dibudidayakan, dan kedua jenis kopi inilah yang akan kita bahas disini.


Fakta Kopi Arabica
Menurut peneliti, Arabica adalah kopi yang tertua dimuka bumi ini, dan paling banyak ditanam oleh para petani diberbagai negara. Tidak jelas asal-usul yang sebenarnya, namun Ethiopia adalah negara yang pertama menemukan kopi sebagai minuman yang bisa dikonsumsi.Coba simaklah ceritanya disni. Lebih dari 70% dari kopi yang beredar dipasaran dunia adalah kopi Arabica.
Konon, kopi ini lebih nikmat dengan kadar keasaman (acidity) yang rendah dengan aroma yang lebih istimewa, sehingga para petani lebih menyukai tanaman Arabica karena harganya dipasaran juga lebih tinggi.  Untuk memdapatkan hasil Arabica yang bagus jenis kopi ini harus ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 dan 1800m diatas permukaan laut. Semakin tinggi dataranya, semakin tinggi kwalitas biji kopinya.  Biasanya kalau biji kopi Arabica sudah matang, seperti banyak buah-buah lainya, akan jatuh dari pohon, sehingga perlu dipetik sebelum berjatuhan, karena menurut para peneliti kopi, biji yang matang dan jatuh ditanah dan tidak langsung dipungut, akan mempengaruhi kwalitas dari rasa dan aroma kopi tersebut.


Fakta Kopi Robusta.
Kopi Robusta pertama kali ditemukan di Afrika, sekitar tahun 1870an, tumbuh sebagai tanaman liar disemak belukar dan kemudian di budidayakan hingga sekarang. Lebih kurang dari 26% dari kopi yang beredar dipasaran adalah kopi Robusta.  Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Robusta memiliki kadar keasaman  dan caffeine yang lebih  tinggi, dari Arabica.  Menurut para ahli, kopi Robusta lebih banyak dipergunakan dalam produksi kopi “instant” karena harganya yang lebih murah. Mungkin dengan membaca artikel ini, mungkin anda bisa langsung menghubungkan pengelaman anda setelah minum kopi instant seperti nescafe, dimana efek sampinganya sering aneh, seperti hyper-aktif atau keringat dingin. Ini tentunya disebabkan oleh kadar caffeine yang tinggi dalam campuran kopi Robusta tersebut.
Bertanam kopi Robusta jauh lebih mudah dari Arabica, karena jenis kopi ini lebih tahan hama dan penyakit kopi lainya. Robusta juga lebih toleran dengan suhu yang lebih rendah maupun kelembaban udara yang lebih tinggi , dan bisa tumbuh dataran dengan ketinggian dibawah 600m dibawah permukaan laut.  Biji kopi robusta yang sudah matang, biasanya tidak langsung jatuh ditanah dan bisa bertahan dipohonnya dalam jangka lebih lama.

Robusta > versus < Arabica
Perbedaan Daun


Robusta: Bentuk daun yang lebih tebal dan lebar.

Arabica: Bentuk daun yang agak lonjong, panjang  & langsing.

Robusta >< Arabica
Perbedaan Buah mentah (Berries)


Robusta: Bentuk buah lebih kecil dan bundar. Buah matang biasanya bisa bertahan lebih lama di pohon, tidak mudah copot.

Arabica: Bentuk buah lebih besar dan lonjong. Buah matang biasanya mudah rontoh dan jauth ditanah, sehingga perlu langsung dipetik.

 

Robusta >< Arabica
Perbedaan Biji Kering


Biji kering dari kopi Robusta, pada umumnya
berwarna kecoklatan
Biji kering dari kopi Arabica, pada  umumnya berwarna hijau kebiruan.

Kadar Caffeine:
Kadar caffeine Robusta, jauh lebih tinggi dari  kadar  caffeine Arabica Yang  mengakibatkan Arabica  jauh lebih popular  dan mahal di pasaran dunia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar